Jumat, 25 Mei 2012

CHIP Meet and Greet "Srikandi Digital"



CHIP Meet and Greet adalah sebuah acara yang diadakan oleh Chip Magazine pada Sabtu lalu, 19 Mei 2012, bertempat di Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta. “Srikandi Digital” merupakan tema yang diangkat pada acara ini. Sesuai dengan tema, acara ini mengetengahkan sharing bersama wanita - wanita luar biasa dengan pengalaman berbagai bidang, yaitu IT, Game, dan Fotografi.
Narasumber tersebut antara lain Mubarika Darmayanti (idBlogNetwork), Nixia (Gamer Wanita), Leyla Kertopati (Programmer), dan Marrysa Tunjung Sari (Fotografer).

Acara dimulai pukul 16.00 WIB dengan pembukaan terlebih dahulu oleh MC. Dilanjutkan narasumber pertama, Leyla Kertopati seorang Programmer yang juga founder damarwangi.com. Pada sharing awal ini ia memberikan tips-tips menjadi insan kreatif  antara lain dengan mengikuti lomba dan kompetisi, menulis review produk, melatih kreativitas, dan networking. Ia juga memberikan bumbu-bumbu motivasi “Jangan jadi tukang saja, tapi harus punya visi bisnis sehingga bisa jadi teknopreneur,” katanya. “Enterprenuer menentukan kemajuan suatu bangsa dan negara. Jadilah insan kreatif, jadilah produsen jangan hanya jadi konsumen!” tegasnya lagi.

Sharing kedua dilanjutkan oleh Marrysa Tunjung Sari yang merupakan fotografer profesional, penulis, dan jurnalis motorsport dari Otomotif. Dengan gayanya yang asik dan khas, dia menjelaskan bahwa fotografi sebenarnya bukan hobi yang mahal. “Hasil cetak foto tidak tergantung dengan alat, tapi gunakan logika untuk memotret. Fotografi sebenarnya bukan hobi yang mahal, tapi jadi mahal karena trend yang salah”. Di sini dia menekankan bahwa fotografi  tidak harus dengan kamera mahal seperti DSLR, tapi dari smart phone pun bisa menghasilkan karya yang sangat baik. Banyak pula tips-tips fotografi yang dia berikan sambil menunjukkan koleksi foto-fotonya. “Foto yang bagus tersusun dari sejumlah unsur, salah satunya adalah moment,” ungkapnya.

Dilanjutkan oleh narasumber ketiga merupakan founder & CEO IDBlogNetwork.com yaitu blog yang sudah memiliki puluhan ribu anggota. Di sini ia menyampaikan ilmu dan pengalamannya di dunia blogger. Dia juga melampirkan job review di luar negeri yang salah satu alasannya adalah diundang oleh salah satu pembaca blognya. “Banyak benefit ngeblog yaitu banyak teman, relaxasi, belajar nulis, bisa jadi seleb, buat modal cari kerja” ungkapnya.

Last but not least, giliran Nixia gamer profesional menyampaikan ilmunya. Ia telah menyabet banyak penghargaan nasional. Selain sebagai Gamer, Nixia juga seorang reviewer dan journalis di beberapa media dan forum gaming. Pengalaman Nixia di dunia gaming cukup banyak mulai dari menjuarai beberapa kejuaran game, bekerja di perusahan yang bergerak di bidang gaming, hingga mengadakan event-event gaming. Dan websitenya yaitu nixiagamer.com sudah bisa menghasilkan uang. Dia mau membuktikan kalau gamers tidak hanya kaum laki–laki, tapi kaum wanita pun juga bisa profesional.


Setelah keempat narasumber menyampaikan tentang pengalaman dan ilmunya yang juga diselingi sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan demo guitar hero dari nixia. Lalu acara ditutup oleh pengumuman pemenang live tweet dan doorprize pada pukul 17.45 WIB.

So, intinya acara dari Chip Magazine ini telah memotivasi dan menambah wawasan terutama di bidang Fotografi, Game, dan IT. Pokoknya ditunggu acara keren berikutnya!

naskah & foto : Rindang

0 comments:

Poskan Komentar