Rabu, 05 Februari 2014

Cara Tepat Membakar Kalori Dalam Tubuh







Tubuh ideal memang menjadi idaman setiap manusia, baik kaum hawa maupun adam. Berat badan yang ideal menjadikan seseorang percaya diri. Saat mendapati tubuh mulai kelebihan berat badan maka penyakit pun mulai berdatangan. Mulai dari obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol, dan masih banyak lagi. Dari situlah pengaturan kalori menjadi perhatian, menyadari banyaknya kalori yang masuk namun tidak seimbang dengan pengeluarannya, berbagai cara pun mulai dilakukan.
Mulai dari diet, sedot lemak, hingga melakukan latihan atau aktivitas fisik dilakukan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, cara yang dipakai kerap kali salah kaprah. Kesalahan dapat ditemui dalam pengaturan pola makan. Orang sering menahan lapar atau membatasi makanan untuk kalori negatif (memperbanyak kalori keluar daripada yang masuk) atau untuk menurunkan berat badan. Padahal menahan lapar atau membatasi makan akan menyebabkan makan berlebihan dan menyebabkan kalori yang masuk menjadi sangat besar.
Alhasil tujuan awal membakar kalori dalam tubuh justru malah membuat berat badan terus bertambah akibat salah mengatur kalori yang masuk dan keluar. Sesungguhnya, membakar kalori lebih efektif dengan menerapkan gaya hidup aktif dan pola hidup sehat, seperti berikut ini:

Makanan Sehat
Makanan sehat sangat berpengaruh terhadap berat badan. Jika mengonsumsi makanan tidak sehat dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan berat badan terus naik. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan.



Olahraga Rutin dan Teratur
Olahraga adalah cara paling efektif untuk membakar kalori pada tubuh. Tak perlulah melakukan olahraga dalam waktu yang begitu lama agar banyak lemak yang terbakar. Namun, dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa yang terpenting dalam olahraga adalah rutinitas bukan seberapa banyak waktunya. Olahraga selama sepuluh menit setiap hari lebih banyak membakar lemak dibandingkan latihan di gym berjam-jam yang hanya dua kali dalam seminggu. Aktivitas ini dapat dilakukan untuk penurunan berat badan.

Tidur 7 – 8 Jam Sehari
Penelitian membuktikan bahwa kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan tubuh. Orang yang memiliki gangguan tidur, metabolismenya lebih lambat dan cenderung lebih mudah bertambah berat badannya. Bila kebutuhan tidur tercukupi, maka kita akan memiliki metabolisme tubuh yang baik selama satu hari penuh. Aktivitas sel yang baik saat tidur bisa mengurangi stres, menyegarkan tubuh, dan membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Konsumsi Vitamin C
Selain mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, menangkal peradangan, infeksi, dan virus, vitamin c ternyata juga memproduksi carnitine, yaitu senyawa yang digunakan oleh tubuh untuk membakar asam lemak yang menumpuk dalam tubuh.




Konsumsi Teh Hijau
Teh hijau tidak hanya terkenal sebagai pencegah penyakit kanker, melainkan juga mampu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi teh hijau sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar empat persen. Selain itu, dengan mengonsumsi teh hijau dapat membantu untuk pembakaran kalori sekitar 60 kalori per harinya.


Teks: Rizkyka Wulandary
Gambar: Istimewa

0 comments:

Poskan Komentar