Minggu, 22 November 2015

TIPS: Cara Irit Uang Ala Mahasiswa

(sumber gambar: https://riskamardhatillah.files.wordpress.com/2012/06/anak-kos.jpg)

Kamu mahasiswa? Uang jajan cepat habis karena tugas atau jajan bareng temen-temen? Pas banget nih, karena sekarang GEMA mau bagi-bagi informasi tentang cara irit uang ala mahasiswa. Simak, yaa!

Buat Daftar Skala Prioritas
Membuat daftar skala prioritas penting banget  nih untuk menentukan kebutuhan mana yang harus kamu penuhi segera dan mana yang bisa ditunda, sehingga kebutuhan dasar kamu tidak terlewatkan. Jangan sampai kamu bisa membeli baju mahal, tapi nggak  makan selama seminggu, hehehe.
 Tahan Godaan Shoping dan Jeng-Jeng
Pas baru dapet kiriman dari Nyokap, pasti kamu seringkali pergi belanja dan jeng-jeng. Kadangkalapas liat barang  bagus, kamu ngebet untuk membeli padahal uangnya untuk jatah sebulan. Biasanya kamu selalu berpikir "Ah, urusan ntar mah gampang.."
Ujung-ujungnya sebelum jatuh tempo
, kamu bingung deh cari pinjeman sana-sini.
Pulang Kuliah Langsung Balik Kost
Nah, kalau dompet kamu mulai menipis, selesai kuliah kamu bisa langsung balik, dan tidur. Kamu bisa tolak ajakan teman-temanmu untuk nongki secara halus. Jika diperlukan, kamu bisa jujur ke mereka kalau kamu lagi kanker. Siapa tau malah dapat pinjaman, atau traktiran barangkali.
Selalu Nebeng Temen
Kalau kemana-mana kita harus selalu naik motor sendiri, sudah pasti boros di bensin. Untuk meminimalisir pengeluaran, nebeng temen adalah salah satu solusinya.  Buat yang biasa naik angkot atau jalan kaki, cari ojek gratis alias nebeng akan jauh lebih mudah. Selain hemat ongkos, siapa tau dapet traktir makan!
Bawa Bekal Sendiri
Buat cewe-cewe pasti sudah terbiasa nih sama yang namanya bawa bekeul. Tapi buat cowok-cowok, pasti terasa berat dan gengsi kalau harus bawa botol Kupperware dari rumah. Biar gak gengsi, kamu bisa pake botol air mineral yang diisi ulang. Bisa lebih hemat, lho!
Berhenti Merokok
Kalau kamu merokok cuma untuk gaya-gayaanmendingan berhenti yuk! Selain merusak kesehatan, rokok juga merusak dompetmu. Kalau satu bungkus rokok seharga 15 ribu, jika dihentikan, kamu  bisa hemat sampai 450 ribu selama satu bulan.
Hindari Foodcourt
Bagi sebagian dari kamu, pasti ada perasaan gengsi kalau nggak makan di foodcourt. Padahal, dengan kamu makan di tempat-tempat seperti warteg, Kamu bisa hemat berkali-kali lipat. Jika 20 ribu bisa kamu habiskan untuk sekali makan di foodcourt, bandingkan dengan apa yang bisa kamu dapatkan di warteg.
Bawa Uang Secukupnya
Jika warna uang di dompetmu masih lengkap bervariasi, godaan belanja sudah pasti tak terelakkan lagi. Jangan terlena dan usahakan untuk selalu bawa uang seperlunya di dompet. Simpan sisanya untuk urgent need.
Cari Traktiran
Mencari traktiran akan sangat mudah bagi kamu yang lagi di PDKT-in. Kamu bisa pake jurus kode buat minta ditraktir. Supaya sukses dapet traktiran, pastikan dulu kalo doi benar-benar naksir kamu. Jika sudah begitu, jangankan sepiring nasi, gunungpun pasti dibeli ya, hehehe.
Aktif Organisasi
Aktif berorganisasi sudah barang pasti akan menguras banyak waktu, tenaga, dan pikiran kamu. But that’s worth it! Semua kesusahan kamu sebanding kok  dengan apa yang akan kamu dapatkan. Apalagi ketika ada event-event tertentu. Urusan konsumsi udah pasti free. Iya apa iya?
Ikut Seminar Gratis
Coba cari agenda di kampusmu yang tidak mengeluarkan uang, alias gratis. Kalau kamu dapat snack atau bahkan makan gratis, seperti prasmanan, sudah barang pasti dompetmu terselamatkan dari uang jajan, hehehe.
Cari Teman yang Ulang Tahun
Jika ada temanmu yang Ultah mintai traktir, tapi jangan datang dengan teman sekampus,hehe.. Datanglah sendiri atau berdua pasti ditraktir, setahun sekali lho ya!

Puasa Sunnah
Nah bagi kamu yang sudah terbiasapuasa sunah bukanlah masalah. Kamu bahkan bisa mencoba puasa IRITyakni puasa Dawud yang dilakukan  berselang-seling. Sehari puasasehari tidak. Untuk kamu yang masih beginner, Cukup dengan berpuasa senin dan kamis saja. Selain bermanfaat untuk kesehatan, berpuasa bisamenjadi salah satu alternatif meminimalisir pengeluaran.

Oleh Rifani Atsillah
Editor: Fitroh 'Aina Fatimah

0 comments:

Poskan Komentar