Selasa, 12 Februari 2013

Puncak Comdev 2012

Acara puncak penutupan Comdev 2012 telah berakhir. Acara yang diadakan oleh BEM Politeknik Negeri Jakarta ini digelar di Majelis RT 03 Desa Tapos, Cimanggis, Depok, Sabtu (9/02).

Sama seperti acara Comdev sebelumnya yang bergerak di bidang kesehatan, pendidikan dan PSDM, Comdev 2012  ini lebih memfokuskan diri pada bidang kewirausahaan. “Acara Comdev pada tahun ini lebih ditekankan pada bidang kewirausahaannya. Setelah tahun kemarin dibuat usaha kripik Cikal, maka tahun ini bersama para warga kita membangun usaha baru yaitu pembudidayaan ikan lele,” ucap Audy Pratama, selaku Project Officer Comdev 2012.

Acara yang bertujuan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat ini telah menghasilkan 3 kolam ikan lele yaitu di RT 01, RT 02, dan RT 03 di Desa Tapos. Setiap kolamnya dijaga oleh 5 orang warga. “Warga di sini hanya ikut membantu dalam memberikan makanan dan mengganti air saja, sedangkan untuk modal awal itu semua pemberian dari mahasiswa, seperti terpal, makanan lele dan juga lelenya,” ujar pak Ahmad selaku pengurus ikan lele tersebut.

Antusiasme warga terhadap acara ini cukup tinggi, ini dibuktikan dengan hadirnya warga dan anak-anak setempat untuk makan lele bersama, hasil dari kolam ikan yang sudah dipelihara sejak bulan Oktober lalu, seperti yang dikatakan oleh pak H. Rahmat sebagai wakil ketua RT 03, “Pada prinsipnya saya menyetujui acara ini selagi itu positif, saya tidak keberatan begitu pun dengan warga di sini  yang ikut senang dengan jalannya acara ini"

Ada pun harapan singkat untuk kelanjutan usaha pembudayaan lele tersebut seusainya acara Comdev 2012 ini. “Setelah berakhirnya acara ini, yang pasti saya ingin menjual ikan lele ini karena harus mengembalikan modal kepada mahasiswa. Tetapi kita belum tahu bagaimana cara menjualnya nanti, mungkin bisa dari mahasiswa yang mencari peluang untuk pembelinya. Dan kita juga inginnya melanjutkan usaha ini karena dengan acara ini saya jadi punya pengalaman bagaimana mengurus ikan lele.” Ujar pa Ahmad.



Naskah: Bunga Padma Putri, Alifia Rahmaniar

0 comments:

Poskan Komentar