Senin, 12 Maret 2012

Uluran Tangan Untuk Amal Bersama (ULTRAMEN) 2012


Uluran Tangan Untuk Amal Bersama (ULTRAMEN) 2012

Waktu minggu lalu, tepatnya tanggal 11 Maret 2012, bertempat di Panti Asuhan An Nur, Pancoran Mas, Depok. Para panitia ultramen sukses menyelenggarakan acara tahunan mereka, ULTRAMEN. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dengan pembukaan terleih dahulu dari Ketua Himpunan Sipil (HMS)-Arif Restu Aji, Ketua Pelaksana-Reza Ryansyah Utama, dan Pengurus Panti Asuhan An Nur-Pak Edy. Dalam sambutannya, Pak Edy mengatakan “Kehidupan sehari-hari mendapatkan dana dari donatur, sehingga tidak menentu, namun Alhamdulillah masih berjalan hingga sekarang.” Lalu, agar acara berjalan lancar, maka dimulai dengan pembacaan tilawah serta sari tilawah oleh perwakilan panitia, Dekan dan Indah.

Foto : Afni
Sebagai hiburan untuk para anak panti, panitia mengadakan kuis yang terilhami seperti “Ranking 1”, dari sekitar 20 anak panti yang ikut serta, akhirnya didapat pemenangnya oleh seorang anak perempuan. Setelah kuis cukup membuat para anak panti terhibur, lalu giliran tim Nasyid Civil Voice menyumbangkan suara mereka, dengan membawakan beberapa lagu nasyid. Selanjutnya, giliran Daurie Bintang memberi training motivasinya untuk para anak panti serta panitia ULTRAMEN. Lelaki yang biasa disapa Bang Daurie ini biasa mengajar softskill ke perusahaan-perusahaan, salah satunya coaching. Pengalaman beliau memberi training motivasi sudah menjelajah ke beberapa kota di Indonesia salah satunya Kota Padang, bahkan hingga mendapat rekor Muri, tidak heran penyampaian training beliau dapat menginspirasi, memotivasi para pendengarnya untuk berbuat yang terbaik dalam mencapai sesuatu yang diinginkan, “Be The Best in Something” salah satu kata yang disampaikannya. Dalam kesempatan tersebut, Bang Daurie juga sedikit memberi tips belajar cepat suatu bahasa, menurutnya pelatihan mengucapkan bahasa/ memahami bahasa dengan cepat, yaitu dengan mendengar dahulu lalu melakukannya, ditirukan pula cara pengucapan dan gerakannya.

Foto : Afni
Menurut Reza, ketua pelaksana, UlTRAMEN memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai bakti sosial, berbagi kebahagiaan untuk para anak yatim, serta sebagai ajang silaturahmi bagi mahasiswa HMS. Baginya, inti acara ULTRAMEN tahun ke-3 tersebut sudah dapat, yaitu dengan menyantuni para anak yatim berupa uang tunai, alat tulis, sumbangan buku pelajaran, dan makanan. Namun di samping itu, ada beberapa kekurangan seperti waktu yang sempit, dan kordinasi antar paniti yang kurang. “Pemilihan Panti An Nur sendiri, sengaja dipilih sebagai tujuan penyantunan, karena sesuai dengan inti acara,” ucap Reza.

Foto : Afni
Tidak ketinggalan, Pak Edy selaku pengurus Panti An Nur, menyatakan “Untuk acara penyantunan anak panti bukanlah yang pertama kali, karena beberapa kali sebelumnya sudah diadakan acara sejenis oleh para mahasiswa dari universitas lain,” Diantara penyantunan yang sangat bermakna, yaitu dari para mahasiswa Psikolog Universitas Indonesia (UI) yang pada tahun 1987 membantu mendirikan tempat untuk Panti An Nur. Panti yang terletak di Pancoran Mas, Depok itu, sudah lama berdiri sejak tahun 1981.Kini, 23 anak lelaki dan 17 perempuan menempati panti tersebut, mereka terdiri dari pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), disamping itu Panti An Nur juga mengasuh para anak panti yang diluar sejumlah 293 orang, maksudnya para anak tersebut tidak tinggal di panti melainkan di rumah mereka masing-masing, namun untuk pembiayaan sekolah atau santunan lainnya dikirim oleh pihak panti.

“Saya ucapkan terimakasih untuk para panitia, mudah-mudahan pertemuan ini akan berkelanjutan, karena sebetulnya dengan kegiatan ini sudah baik, terlebih untuk mengenal saudara yang kurang mampu,” ucap Pak Edy disela percakapan.  (Reporter: Afni)

Sumber : Reza Ryansyah (Ketua pelaksana ULTRAMEN) dan Pak Edy (Pengurus Panti An Nur)

0 comments:

Poskan Komentar