Selasa, 06 Oktober 2015

Mitos-Mitos yang Berkembang di Kalangan Mahasiswa Baru

(sumber gambar: http://www.kaskus.co.id/thread/5534beec92523354478b4578/10-tips-menjadi-mahasiswa-baru/)

Bagi mahasiswa baru, hari  pertama kuliah menjadi hal yang penuh dengan tantangan. Pasalnya, bangku kuliah memberikan pengalaman berbeda dengan dunia sekolah. Banyak mitos yang berkembang di masyarakat mengenai mahasiswa baru. Berikut beberapa contoh mitos yang berkembang dikalangan mahasiswa baru dan cukup menjadi momok menakutkan di kalangannya. Di antaranya:
  • Dosen tidak peduli kepada mahasiswa
Mitos yang pertama, yaitu pengajar di bangku kuliah atau dosen, cenderung tidak peduli kepada mahasiswanya. Alasannya, jumlah mahasiswa di kelas lebih banyak ketimbang jumlah siswa di kelas saat SMA (Sekolah Menengah Atas). Hal ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, sudah cukup banyak dosen yang peduli dengan mahasiswanya. Mereka menginginkan mahasiswanya menempuh studi dengan hasil terbaik. Jika kita berpikir ingin malas-malasan kuliah, pikirlah dua kali karena hasilnya kita yang rugi.
  • Kampus dihuni orang-orang dewasa
Mitos yang kedua, yaitu sebagian besar orang menganggap perguruan tinggi diisi oleh manusia dewasa. Faktanya, patut diketahui banyak mahasiswa di kampus yang merupakan perantau karena jauh dari orang tua, tidak jarang mereka cenderung berperilaku “nakal” dan bersikap tidak dewasa. Jadi, jangan heran jika kita bertemu dengan mahasiswa senior yang perilakunya “kacau”.
  • Mahasiswa senior membenci juniornya
Mitos yang berkembang bahwa perilaku mahasiswa senior sama seperti kakak kelas saat SMA. Mahasiswa senior dianggap memperlakukan adik kelasnya dengan kasar. Padahal, mahasiswa senior justru ingin membangun jaringan dengan adik kelasnya karena ada beberapa mahasiswa senior yang harus mengambil atau mengulang kelas.  
  • Semua orang yang ada di kampus, pintar!
Ini mitos yang paling banyak didengar, tak terkecuali di luar lingkungan kampus. Faktanya, ini salah besar. Tidak semua orang yang kuliah pintar, bukan? Di perguruan tinggi kita akan menemukan beberapa orang yang telat datang kuliah, di-DO (Drop Out), tidak mengerjakan tugas kuliah, dan tidak peduli dengan kuliahnya. Kenapa ada orang-orang seperti itu? Well, yang pasti dunia kampus dihuni beragam orang dan hal serupa bakal kita temukan di dunia kerja.


Oleh Yosep Syidiq 

0 comments:

Posting Komentar