Minggu, 11 Oktober 2015

TIPS: Cara Belajar yang Efektif Untuk Mahasiswa

Bagi setiap mahasiswa, tugas, quiz, dosen, dan organisasi adalah rutinitas kehidupan. Kadang jika kita hanya memprioritaskan satu di antaranya, yang lain pasti terbengkalai, dan imbasnya sudah pasti IPK. Lalu, gimana sih biar semuanya berjalan lancar dan kita dapat membagi waktu? Jawabannya adalah tergantung cara belajar, 
Kali ini GEMA mau kasih tips mengenai cara belajar yang efektif untuk mahasiswa. Apa aja sih? Yuk baca!

1.      Baca materi sebelum dan sesudah jam perkuliahan
Membaca sekitar 10-30 menit materi yang sudah dibahas sebelumnya. Tanpa membaca terlebih dahulu, katanya kita hanya mendapat 50% ucapan dosen yang terserap. Hal ini juga membantu kita mencicil belajar, tidak terlalu padat.

2.      Pahami sifat dosen.
Ini juga sangat penting saat perkuliahan. Kita akan nyaman belajar, dan dapat mudah memahami materi.  Bila dosen dan mahasiswa cocok, nilai yang kita dapat juga memuaskan.

3.      Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu.
Selain belajar, berorganisasi dan bergaul jangan kita lupakan. Kemampuan bersosialisasi merupakan modal penting saat bekerja nanti. Kita juga dapat mendapat wawasan. Walaupun IPK 4, tapi tidak dapat bekerjasama dalam tim juga akan percuma.

4.      Nikmati dan manfaatkan
Nikmati dan manfaatkan masa kuliah yang hanya 3-4 tahun ini. Di masa kuliah, bereksperimen, berekspresi, masih bisa berbuat kesalahan dengan resiko minimal dan hidup masih ditanggung orang tua. Setelah lulus kuliah, kita akan dituntun untuk bekerja dan mandiri. Kita juga akan berhadapan dengan lingkungan pekerjaan yang keras.



Oleh Eronika Dwi Pinara 


0 comments:

Poskan Komentar