Minggu, 18 Oktober 2015

TIPS: Hidup Sehat dan Hemat untuk Anak Kos



(sumber foto:
 http://trik-tips-sehat.blogspot.co.id/2013/05/pola-hidup-sehat.html)

Kalian pasti pernah melihat beberapa teman kalian yang tinggal kos membuat update “perbaikan gizi” di media sosialnya ketika mereka sedang makan bersama keluarga atau siapa pun di suatu tempat. Ya, intinya saat mereka nggak lagi makan makanan yang mereka selalu makan selama di kos, itu berarti mereka sedang memperbaiki asupan gizi. Kesannya seperti tinggal di kos itu jauh dari gaya hidup sehat. Padahal sebenarnya kalian yang tinggal di kos bisa banget hidup sehat. Contohnya, usahain jangan makan mie terus, deh! Ekonomis sih, tapi itu nggak baik buat pencernaan kalau dikonsumsi terus-menerus.
Nah, supaya kalian nggak menyandang predikat sebagai anak kos kurang gizi, GEMA mau bagi-bagi tips cara hidup sehat yang hemat buat kalian tinggal di kos.
Pertama, buat yang suka banget rendang atau makanan apa pun yang berbau protein hewani, coba dikurang-kurangin. Nggak ada salahnya kan kalau makan gado-gado yang harganya sekitaran Rp10.000 tapi sudah dapat sayuran yang segambreng? Makan pakai tempe atau tahu juga nggak ada salahnya. Selain murah, protein yang dikandung pun banyak.
Kedua, banyakin makan buah. Nggak usah beli buah yang “wow” banget. Cukup beli buah yang lagi musimnya aja. Biasanya, semakin “musim” buah, semakin murah harganya. Nggak usah ke supermarket atau pasar. Cari aja abang-abang jualan rujak terus beli tanpa bumbunya.
Ketiga, sempat-sempatkan masak. Kalau jadwal kuliah lagi nggak padat dan tugas nggak banyak, nggak ada salahnya mampir ke dapur kos terus masak sendiri. Nggak usah masak yang rumit. Sop atau oseng-oseng kan cukup mudah dimasak, tuhWorth a try, isn’t it? Selain lebih murah dan sehat, buat kalian yang perempuan hitung-hitung bisa buat bekal ketika jadi ibu rumah tangga nanti.
Keempat, biasakan minum air mineral. Mau galon, mau kemasan gelas, mau botol, it’s for you guys to decide! Selama menyehatkan dan bisa memuaskan dahaga, sok atuh. Tapi coba dikurang-kurangin ya minuman yang dibeli hanya buat menyenangkan diri, semacam es, soda, atau minuman kemasan lainnya. Selain karena harus merogoh kantung lebih dalam, manfaatnya buat tubuh kurang. Jangan lupa biasakan juga bawa air minum dari kos supaya nggak perlu mengeluarkan uang di kampus.
Don’t you think that it’s way more economicalThat is that! Ini sebenarnya note to self banget, sih. Jadi ya kita sama-sama belajar hidup sehat dan hemat sebagai anak kos aja. So, let’s live healthy!

Oleh Adinda Tiara Putri

0 comments:

Poskan Komentar