Selasa, 06 Oktober 2015

Wisuda PNJ ke-31


Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mewisuda 1.946 wisudawan dan wisudawati, terdiri dari 1.119 wisudawan dan 827 wisudawati, di Balairung, Universitas Indonesia. Wisudawan tersebut termasuk wisudawan program pendidikan kerja sama dengan PT Holcim, PT Trakindo, PT Badak LNG, CCTI Universitas Indonesia, BBPLKN Cevest Bekasi, Akademika Komunitas Negeri P4TK Cimahi Bandung, serta Pemuda Kabupaten Kaimana Papua Barat.
Wisuda dilaksanakan pada tanggal 26 September 2015, setelah sebelumnya dilaksanakan Gladi Resik pada tanggal 25 September 2015. PNJ pada tahun akademik 2014/2015 telah melakukan wisuda sebanyak 31 kali dan sampai saat ini telah meluluskan 26.967 orang. Panitia pelaksana terdiri dari dosen, MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM Menwa, serta perwakilan mahasiswa dari setiap jurusan. Dalam pelaksanaan wisuda ini, seluruh wisudawan dilarang membawa barang-barang apa pun.
Rangkaian Acara
Tepat pukul 08.05 WIB, para wisudawan mulai memasuki ruang Sidang Senat Terbuka PNJ. Wisudawan berbaris sesuai jurusan dimulai dari  jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) dan diakhiri dengan jurusan Teknik Elektro. Setiap wisudawan mengenakan slayer dengan warna yang berbeda-beda, sesuai jurusan masing-masing.
Rangkaian acara selanjutnya ialah penayangan video tentang “Sekilas Politeknik Negeri Jakarta”. Video tersebut berisi sambutan dari Direktur PNJ, Abdillah, S.E., M.Si, pengenalan setiap jurusan, fasilitas kampus, dan pesan dari para alumni PNJ.
Para petinggi PNJ, seperti Direktur, Pembantu Direktur (Pudir), Ketua Jurusan (Kajur), dan staf-staf lainnya memasuki ruang sidang diringi oleh kelompok paduan suara. Kelompok paduan suara tersebut dibina oleh Dr. Ida Nurhayati, S.H., M.H. dan diarahkan oleh dirigen Slamet Sudarsono. Setelah para petinggi PNJ sudah di posisi masing-masing, kelompok paduan suara kembali membawakan lagu Kebangsaan Republik Indonesia dan dilanjut Mengheningkan Cipta.
Sidang Senat Terbuka PNJ ke-31 tahun akademik 2014/2015 resmi dibuka oleh Abdillah, S.E., M.Si. pukul 09.42 WIB dengan memukul gong. Pelantikan dilaksanakan secara simbolis kepada wisudawan terbaik dari yang terbaik. Saat dilantik, seluruh wisudawan memindahkan tali topi toga­ mereka dari kiri ke kanan.
Direktur PNJ memberikan selamat kepada wisudawan lulusan terbaik dari yang terbaik dari setiap jurusan. Kelompok paduan suara pun menyanyikan lagu Syukur, Keroncong Surabaya, serta Simfoni Yang Indah. Direktur PNJ kembali memberikan selamat kepada wisudawan terbaik sebanyak empat orang, yaitu Lut Ketut Mas Kirana (D-3 Akuntansi), Junaedi (S1 Terapan Keuangan & Perbankan Syariah), Halida Amelia (D-3 Akuntansi), dan Syariefah Prawira (D-3 Penerbitan).
Lulusan terbaik, yaitu Lut Ketut Mas Kirana dan Junaedi membacakan Janji Mahasiswa dan Ucapan Terimakasih. Janji Mahasiswa dibacakan oleh Junaedi, dilanjut pembacaan Ucapan Terimakasih oleh Lut Ketut Mas Kirana.
Seluruh wisudawan menyanyikan lagu wajib Bagimu Negeri. Mahasiswi program studi Akuntansi dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) pun ikut menyumbangkan dua buah lagu. Mahasiswi program studi Akuntansi menyanyikan lagu Only Hope, sedangkan mahasiswi program studi MICE menyanyikan lagu Stand Up For Love. Selanjutnya, sambutan dari Direktur PNJ, Abdillah, S.E., M.Si. yang dalam  sambutannya mengatakan, “Selama masa studi yang telah dijalankan tanpa kenal lelah, dengan disiplin tinggi, Saudara telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga mencapai puncaknya saat Saudara dinyatakan lulus dan diwisuda pagi ini. Upacara wisuda ini bukanlah akhir perjuangan Saudara, melainkan langkah awal menuju kehidupan masa depan. Saya yakin, bekal yang Saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di PNJ sangat memadai untuk bekerja sesuai dengan bidang Saudara. Jangan lupa, kalian harus  berbakti pada orang tua, berdoa, serta bersemangat dalam mengabdikan kemampuan, di mana pun Saudara berkarya.”
Sebelum ditutupnya Sidang Senat Terbuka PNJ ke-31, dilakukan pembacaan doa bersama dipimpin oleh Riza Hadikusuma, M.Ag. Sidang Senat Terbuka ke- 31 tahun akademik 2014/2015 ditutup pukul 11.20 WIB oleh Abdillah, S.E., M.Si. Penutupan ditutup dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa oleh seluruh wisudawan. Terakhir, yang paling berkesan, saat pelemparan toga serentak oleh seluruh wisudawan.
Selamat bagi seluruh mahasiswa PNJ program D-3 dan S1 Terapan atas kelulusannya tahun ini. Selamat!

Oleh Eronika Dwi Pinara dan Atikah Nurfajri



0 comments:

Poskan Komentar