Selasa, 06 Oktober 2015

Opening Ceremony dan Parade OIM UI 2015

Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) adalah salah satu program kerja BEM UI yang menjadi ajang kompetisi tahunan terbesar UI di Bidang Keilmuwan. Di kali ke-delapan ini, OIM UI 2015 mengusung tema "Bersama Membangun Negeri, Memenangkan Kompetisi". Kegiatan yang akan berlangsung hingga 16 Oktober 2015 nanti, telah resmi dibuka dalam Ceremony Opening dan Parade OIM UI 2015 pada hari Jumat, 2 Oktober lalu, di Kampus Universitas Indonesia, Depok. 
Opening Ceremony merupakan sebuah bentuk pengumuman untuk seluruh masyarakat dan sivitas akademika UI, bahwa OIM UI 2015 telah resmi dibuka. Di dalam Auditorium Pusat Studi Jepang, acara tersebut dibuka oleh dua MC yang memberikan salam pembuka kepada para peserta yang kemudian diikuti sambutan dari Project Officer OIM UI 2015, Muhammad Faathir mahasiswa FEB 2013, Direktur Kemahasiswaan UI Dibyo PLH, dan Rektorat UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. Selain memberikan sambutan, dari tempatnya berdiri di muka acara, Bapak Rektor juga memukul sebuah gong sebanyak tiga kali sebagai tanda sahnya OIM UI 2015 telah dibuka. Tidak ketinggalan, sebuah tarian UMAMI turut memeriahkan acara yang dimulai sejak pukul sembilan pagi itu. 
Acara dilanjutkan dengan kegiatan talkshow yang mengedukasi dan menginspirasi peserta Opening Ceremony. Talkshow yang bertemakan "Persaingan Dunia Kerja Jelang MEA" ini diisi dua pembicara, yaitu Mohammad Mustaqim, S.E., M.M., AAAII., ICLFP., AAAK., QIP. (Global Headhunter, sekaligus pengajar di FEB UI) dan Andhika Putra Sudarman (Mahasiswa Berprestasi Nasional 2014). Dengan segudang prestasi dan pengalaman, keduanya memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dalam kesempatannya, Bapak Mustaqim bercerita hal yang menarik perihal pengalamannya bekerja di UK bersama dengan orang asing. Sedangkan Andhika berbagi kiat-kiat sukses untuk bersaing di dalam MEA. Setelah dua pembicara menyampaikan materinya, sebuah diskusi antara peserta dengan narasumber yang membahas MEA sangat menarik diuraikan. 
Selanjutnya, sekitar pukul tiga sore di tempat lain, penampilan yel-yel unik dari 14 Fakultas UI meramaikan Rotunda UI. Ke-14 fakultas tersebut di antaranya : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik dan Program Vokasi (D3). Demi kelancaran pelaksanaan Parade OIM itu, rute Bus Kuning (merah dan biru) telah ditutup pada pukul dua siang selama kurang lebih 60 menit, yang memungkinan mengganggu arus lalu lintas di sekitar kampus UI. 

Kompetisi itu merangkul seluruh mahasiswa aktif kategori Program Sarjana (S1) dan Program Vokasi (D3). Terdapat 14 jenis lomba yang akan diperlombakan nantinya. Empat belas jenis lomba tersebut dikelompokkan ke dalam dua cabang, yaitu tujuh Cabang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan 7 Cabang Non-PKM. Lomba cabang PKM terdiri dari: 
1. Research Project/ PKM-Penelitian (PKM-P)
2. Business Project/ PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
3. Social Project/ PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M)
4. Technology Project/ PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
5. Science Project/ PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
6. Journal Competition/ PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
7. Paper Competition/ PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
Sementara untuk lomba Non-PKM terdiri dari:
1. OIM Quiz
2. English Debate
3. Indonesian Debate
4. Essay Competition
5. Inspirational Poster
6. OIM Exhibition
7. OIM Parade 

Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih kepada para peserta Opening Ceremony dan Parade OIM UI 2015 untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA di penghujung tahun nanti. Bagi peserta yang terinspirasi dan termotivasi, semoga dapat terus menebarkan semangat positifnya untuk orang-orang di sekitarnya. 

Oleh Putri Lestari 
Editor: Abdurrahman Naufal


0 comments:

Poskan Komentar