Minggu, 11 Oktober 2015

TIPS: Cara Menggunakan Headset dengan Benar dan Baik


(sumber gambar: http://www.prepaymania.co.uk/mobilephone/hp-stereo-headset-3-5mm.html)


Buat kalian yang suka dengarin musik dengan headset sepertinya harus memperhatikan cara pengguaan dan pemakaian headset, agar telinga dapat terjaga kesehatannya. Memang jika kita mendengar musik dengan headset sangat enak dan nyaman, karena suara musik yang kita dengar sangat jelas.
Namun jika menggunakan headset, earphone atau alat pendengar lainnya secara tidak tepat dan berlebihan bisa menyebabkan ketulian. Masalah ini banyak di derita oleh para remaja.
Lalu bagaimana cara penanggulangan agar headset yang anda gunakan? Supaya tidak menyebabkan telinga kita terasa sakit dan menjadi tuli.

Berikut tips cara menggunakan headset dengan baik dan
benar :
1.      Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.
2.      Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus.
3.      Beri istirahat telinga setiap ½ -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
4.      Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control.
5.      Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu kita cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.

Dengan tips ini semoga bisa mengurangi pengaruh kesakitan pada telinga kita saat menggunakan headset dan masalah kesehatan telinga bisa teratasi.


Oleh Tri Setiawati 



2 comments:

Poskan Komentar