Senin, 20 Februari 2012

ACCOUNTING FAIR 2012

Perhelatan akbar berskala nasional Accounting Fair 2012 kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) PNJ periode 2011-2012. Accounting Fair adalah Educative Competitive Event yang merupakan agenda tahunan HMJA dibawah kementerian Penalaran dan Keilmuan. Kegiatan yang berorientasi pendidikan ini dikemas secara lebih menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengusung tema secara keseluruhan “Use your knowledge, show your intelligence, and reach your success with accounting”, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki nilai positif bagi masyarakat, pelajar, dan mahasiswa untuk terus berkarya, serta senantiasa memperkaya diri dengan hal-hal yang baru. Tidak hanya itu, AF ini juga merupakan bentuk sumbangsih HMJA PNJ terhadap dunia pendidikan khususnya di bidang akuntansi. Konten acara AF 2012 tersebut sangat berkaitan dalam misi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya dibidang akuntansi. 


Accounting Fair 2012 yang telah menginjak tahun ke-13 nya ini memiliki lima rangkaian acara. Rangkaian acara Accounting Fair dimulai dengan Olimpiade Akuntansi dan Pasar Modal (OAPMyang mengusung tema Let’s join and compete tbthe best accounting talents. OAPM ini merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional untuk para siswa SMA/SMK/MA/Sederajat dalam rangka mengasah dan menguji kemampuannya di bidang akuntansi dan pasar modal. Olimpiade ini terdiri dari babak penyisihan, semifinal, final dan grandfinal yang bertempat di lingkungan kampus PNJ dan Bursa Efek Indonesia. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Maret 2012 di Gedung F PNJ, yang mana para peserta akan menghadapi soal pilihan ganda (multiple choice) mengenai ilmu akuntansi, pasar modal, perpajakan, ilmu ekonomi, pengetahuan umum, dan TPA. Kemudian, babak final dan grandfinal dilaksanakan di hari yang sama yaitu pada hari Selasa, 6 Maret 2012.

Selanjutnya akan ada Seminar Ekonomi Syariah (SES), yaitu seminar satu hari yang bertemakan Sharia Economy is The Best Way for the Future. Bertempat di Aula Gedung Q PNJ pada hari Rabu, 7 Maret 2012Seminar ini akan membahas mengenai dasar hukum syariah dan ekonomi Islam. Selain itu, seminar ini juga akan membahas mengenai perencanaan keuangan dan investasi di pasar modal syariah. Seminar ini akan menghadirkan beberapa pakar Ekonomi Islam yaitu Drs. Agustiano, MA, Ketua DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Dida Nurhaida, S.E., M.Si., salah seorang founder Fahima Advisory (Financial Planning, Bussines Advisory & Private Equity).

Rangkaian acara berikutnya adalah Entrepreuner In Action (EIA). Konten dari EIA sendiri yang pertama adalah seminar dengan tema “Road to success entrepreneur” pada 5-6 Maret 2012 di Lapangan Utama Politeknik Negeri Jakarta dan yang kedua adalah Lomba Bazaar Akuntansi, dengan tema “mix your culinary, from west to east” pada 6 Maret 2012 di Lt. 3 Aula Gedung Q (Direktorat) Politeknik Negeri Jakarta. Sasaran kegiatan ini diperuntukkan bagi para mahasiswa/mahasiswi Jurusan Akuntansi tingkat I dan II Politeknik Negeri Jakarta (bazaar) dan umum (seminar)

 Jika pada rangkaian pertama ada OAPM bagi siswa SMA/SMK/MA/Sederajat dalam rangka mengasah dan menguji kemampuannya di bidang akuntansi dan pasar modalselanjutnya pada tanggal 25 Februari - 9 Maret 2012 diselenggarakan pula Accounting Smart Competition (ASC) yang merupakan kompetisi yang dikhususkan bagi mahasiswa tingkat I, II, dan III Jurusan Akuntansi PNJ. Tidak jauh berbeda dari OAPM, ASC ini terdiri dari babak penyisihan, final pertama, final kedua, grandfinal pertama dan grandfinal kedua yang bertempat di lingkungan kampus PNJ.

          Acara yang tidak kalah serunya adalah Book Fair (BF). BF akan diisi oleh pameran dan bazaar buku yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 5 – 9 Maret 2012 di Gedung Serba Guna PNJ. Selama lima hari tersebut, disisipkan pula beberapa acara yaitu Bedah Buku “Ranah 3 Warna” karangan Ahmad Fuadi, pada hari Selasa. 6 Maret 2012. Kemudian akan ada pula Talkshow bersama penulis buku “Poconggg juga Pocong” yang amat fenomenal yaitu Arief Muhamad pada Kamis, 8 Maret 2012. Pada keesokan harinya, Anda juga akan dihibur dengan penampilan Stand Up Comedy oleh Pandji yang dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Maret 2012. Selain pameran dan bazaar, terdapat pula try out Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri untuk kalangan siswa/i tingkat tiga SMA/MA/SMK/Sederajat yang berencana untuk melanjutkan studi di PNJ. Try Out ini akan dilaksanakan sekitar bulan Februari.


 Perjalanan panjang dari rangkaian acara Accounting Fair 2012 pun diakhiri dengan Penutupan Accounting Fair pada tanggal 9 Maret 201. Dimeriahkan oleh berbagai hiburan, musik dan pembagian hadiah kepada peserta. Konten acara yang bersifat universal ini memungkinkan seluruh elemen dari berbagai jurusan di PNJ untuk turut berpartisipasi di acara yang pada tahun 2011 memenangkan MPM Award 2011 sebagai program kerja terbaik Himpunan Mahasiswa Jurusan PNJ.  

Dalam rangkaian acara yang ada, banyak pula hal-hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yang pertama, soal OAPM untuk jenjang SMA dan SMK dibedakan tahun. Kedua, diadakannya lomba bazaar pada saat EIA bagi mahasiswa sebagai ajang praktek riil sebagai seorang wirausahawan. Ketiga, penambahan kategori Teknologi Informasi Akuntasi pada saat grandfinal ASC. Dan yang keempat adalah penambahan konten Try Out bagi SMA/MA/SMK/Sederajat pada saat momen Bookfair. Karena kontennya yang universal, menarik, dan berbeda, maka sayang sekali kalau acara ini sampai terlewatkan. 



Oleh: Deasy Amalia


0 comments:

Poskan Komentar