Sabtu, 25 Februari 2012

MICRO TEACH


foto: MT doc.
Micro Teach (MT) merupakan acara perdana dari jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP) yang akan dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2012 di gedung TGP. Program yang bekerjasama dengan HMGP TGP ini telah dikukuhkan sejak tahun lalu dari departemen musola.  Karena tahun ini dikoordinasi dengan baik dan dikemas oleh departemen PAP, maka MT bisa terlaksana dengan lancar. Sesuai namanya, Micro Teach merupakan suatu bentuk kegiatan yang mengajarkan pengetahuan baru kepada beberapa mahasiswa tingkat satu dalam skala yang kecil yaitu 30 orang. Jumlah yang sedikit ini diharapkan bisa menjadi sebuah ‘wajah’ baru bagi TGP.

Sasaran Micro Teach adalah mahasiswa TGP tingkat pertama. Tujuannya, mencari mahasiswa baru yang memiliki antusiasme dan potensi yang lebih dari yang lain agar mencapai potensi maksimum di bidang industri kreatif. Adapun seleksi dalam memilih 30 orang yang dimaksud yaitu dengan memenuhi syarat yang diberikan panitia.

Konten MT sendiri terdapat tiga rangkaian acara. Pertama, Soft Launching yang diluncurkan saat program PMO tanggal 29 Oktober 2011 dan diisi oleh Lahandi Baskoro(Chairman Depok Creative).  Kedua, Grand Launching pada tanggal 2 Februari 2012. Di sini, program MT diisi oleh tiga alumni yang berasal dari TGP yaitu Fahry Yanuar Rahman (CEO Micro Teach TGP), Suleman Saleh (DFE Specialist for GP_Indigo Press), dan Fikhanza (CEO Sketchmagz) . Selain alumni, acara ini diisi pula oleh alumni dari FIK UI bernama Ramadhoni yang merupakan co-founder dari anakUI.com. Rangkaian acara terakhir dalam MT adalah program intensif selama 3 bulan bagi 30 orang yang telah dipilih itu. Dalam satu bulan, ada empat kali pertemuan, tiga untuk intensif dan satu untuk reguler.

Terdapat tiga buah grup diskusi yang nantinya akan dipelajari yaitu Brand Management, Media Inovation,dan Business Development. Masing-masing grup memiliki tujuan yang berbeda-beda. Dalam Brand Management, peserta diberi pengetahuan untuk mempromosikan diri sendiri dan bagaimana memanajemennya agar menjadi yang terbaik. Lalu bagi Media Inovation, peserta diharapkan bisa memanfaatkan dua media yang ada, yaitu elektronik dan cetak, serta menjadikan hasilnya menjadi sesuatu yang tidak biasa. Kemudian untuk Business Development, peserta diberi pengetahuan tentang cara-cara membangun usaha agar bisa sukses nantinya.

Karena MT merupakan acara perdana, maka diharapkan acara ini bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, diharapkan pula agar tahun-tahun ke depan bisa lebih baik. “Semoga  MT kali ini bisa menjadi parameter untuk yg berikutnya karena acara ini akan kontinu," ungkap Hashif Ibadurrahaman selaku PO MT. 






Naskah: Deasy Amalia




Dikutip dari Wall of News GEMA edisi Februari 2012

0 comments:

Poskan Komentar