Kamis, 02 Februari 2012

Hanya Yang Maha Kuasa yang lebih mengetahui hari akhir.




Banyak isu bermunculan hingga saat ini. Isu-isu itu mendapat tanggapan yang berbeda-beda. Ada yang percaya, ada yang tidak percaya, bahkan tidak peduli. Salah satu isu tahun 2012 mendatang yang ditunggu kebenarannya yakni siklus banjir lima tahun di Jakarta dan kiamat.
Siklus banjir lima tahun menjadi agenda Pemda DKI Jakarta mengantisipasi banjir besar yang kebetulan terjadi tiap lima tahun sekali. Jakarta mengalami banjir besar pada tahun 2002, berlanjut tahun 2007. Tahun 2012 diperkirakan terulang kembali.
Jakarta terletak di dataran rendah yang terbilang cukup landai sehingga perlu tata kota yang baik. Hujan dengan intensitas tinggi disertai penumpukan sampah dan pendangkalan sungai menjadi penyebab banjir Jakarta. Jakarta mengalami banjir besar tiap lima tahun. Hal ini membuat banyak yang mempertanyakan kemungkinan banjir besar tahun 2012 di Jakarta.
Isu kiamat 2012 menambah kecemasan masyarakat ketika pertama kali disebarluaskan. Tidak sedikit situs-situs yang memuat ramalan yang berasal dari Suku Maya. Suku Maya dikenal memiliki kalender dengan perhitungan yang paling akurat. Kalender Maya hanya tercatat hingga tahun 2012 M (dimulai dari tahun 3113 SM). Penanggalan terakhir Suku Maya pada 21 Desember 2012 kemudian  dianggap sebagai hari akhir (kiamat).
Isu-isu tersebut sebaiknya tidak ditelan bulat-bulat. Manusia sebagai makhluk berpendidikan perlu menyikapi hal ini dengan baik. Banyak ilmuwan berkesimpulan siklus badai matahari merupakan kiamat yang dimaksud. Efek yang ditimbulkan tidak dapat dianggap sebagai kiamat besar. Manusia percaya Tuhan, dan akan menyerahkan urusan kiamat kepada Sang Pencipta. Hanya Yang Maha Kuasa yang lebih mengetahui hari akhir.
Siklus banjir lima tahun dapat dianggap sebagai referensi untuk mempersiapkan diri. Siklus ini seharusnya dijadikan pelajaran agar banjir besar tidak terulang. Lahan hijau di Jakarta sebaiknya makin diperluas. Akar pohon akan menambah kemampuan tanah menyerap air ketika musim hujan tiba. Sungai-sungai tidak sebaiknya dijadikan tempat sampah. Kesadaran tiap individu diperlukan demi menjaga lingkungan bersama yang Tuhan ciptakan bagi makhlukNya.

Nama : Nurul Aini
Jurusan/prodi: Teknik Grafika Penerbitan/ Prodi Penerbitan PNJ
Kelas: Penerbitan 1 A 
e-mail: nurulaini2405@gmail.com

0 comments:

Poskan Komentar