Senin, 20 Februari 2012

FPS Tingkatkan Ketajaman Visual


Foto: google.com
Seorang peneliti asal Kanada baru saja menemukan bahwa permainan first-person shooters (FPS) seperti Medal of Honor dapat membantu meningkatkan penglihatan yang memiliki gangguan tertentu seumur hidup.

Studi yang dipimpin oleh Daphne Maurer dari Universitas McMaster di Kanada ini, seperti ditulis Digitaltrends.com,  menggunakan 6 orang pasien dengan gangguan katarak seumur hidup. Mereka diminta bermain Medal of Honor selama 40 jam dalam waktu 1 bulan. 

Permainan ini membutuhkan respon cepat dari pemainnya dengan kejadian yang terjadi pada seluruh layar, dan untuk mengikuti objek bergerak dalam berbagai arah. Pasien disuruh bermain selama 5 hari dalam 1 minggu selama maksimal 2 jam setiap hari. Maurer mengatakan batasan waktu bermain diberikan agar pemain tidak menjadi kecanduan pada permainan tersebut.

Penelitian itu menemukan bahwa selama 40 jam waktu bermain, 5 dari 6 pasien mengalami perkembangan penglihatan. Mereka mampu mengenali wajah dengan lebih mudah, serta melihat cetakan kecil dan menilai arah titik-titik yang bergerak. Maurer mengatakan bahwa bermain game seperti first-person shooters meningkatkan kadar dopamine dan adrenalin, hal ini membuat otak lebih aktif sehingga membantu memperbaiki ketajaman visual.


Sumber: Digitaltrends.com ; chip.co.id

0 comments:

Poskan Komentar