Rabu, 29 Februari 2012

Sarasehan Technopreneur, Berbagi Pengalaman, Peluang dan Pengetahuan Wirausaha

Pada 21 Februari 2012, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Mengadakan sebuah acara seminar yang bertemakan “Pemberdayaan dan Pengembangan Technopreneur di Politeknik Negeri Jakarta, Sebagai Wadah Bertukar Ketrampilan dan Wadah Pemberdayaan Bagi Technopreneur di Indonesia”.

Technopreneur sendiri adalah cara berwirausaha dengan berbasis teknologi, yang di sini para Mahasiswa Politeknik, khususnya Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, sangatlah berperan untuk menciptakan sebuah karya cipta dan bukan hanya sekedar menjadi mahasiswa yang paham dan mampu menjalankan sebuah mesin. Technopreneur sangatlah bermanfaat bagi kemajuan ekonomi Indonesia, karena kita tidak akan bergantung dengan mesin-mesin yang didatangkan dari luar negeri, seperti Cina, Amerika, dan Belgia, sehingga pada akhirnya ekonomi Indonesia semakin membaik.

Salah satu materi berkaitan dengan technopreneur adalah  yang disampaikan oleh H. Sigit Marbangun, S.ST, alumni dari Polteknik Manufaktur Bandung. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan “Merintis dan Mengembangkan Wirausaha Unik Berbasis Penerapan Teknologi”. Menurut beliau, soko guru industri di Indonesia adalah industri kecil yang dapat menyokong industri besar, dan tentunya dalam hal ini peran mahasiswa politeknik Jurusan Teknik Mesin khususnya, sangatlah besar dan penting.

Gus Ndiwek, sapaan akrabnya. Beliau sudah cukup banyak menghasilkan berbagai karyanya dalam menciptakan sebuah mesin, dan kini mesin-mesinnya dipakai di beberapa perusahaan besar seperti Astra Honda Motor (AHM), kurang lebih sekitar 120 mesin untuk mengangkat suku cadang yang telah selesai dirakit, dengan harga per mesin, yaitu Rp.15 Juta Rupiah, dan  bahkan sampai mengekspor mesin garment SS-03-SIMA ke Arab Saudi untuk pembuatan pakaian kerajaan. Disamping itu, beberapa hasil penemuannya yaitu, mesin pengisi cat dengan sistem level sensor seharga Rp.350 Juta dan kini terpakai oleh Catylac, mesin yang diperuntukan pengisian Aquaproof dengan kemampuan mengisi 10 ember per menit, seharga Rp.350 Juta.

Dengan keberhasilan seorang Gus Ndiwek, seorang pada mahasiswa politeknik Jurusan Teknik Mesin pada masanya, tidak terlepas dari peran teman-temannya yang mendukung usaha beliau. Tambahnya, seorang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin harus memperluas pergaulannya dengan Jurusan Teknik Listrik, Elektro, dan Komputer. Dengan memperluas pergaulan tersebut, maka akan menciptakan sebuah rasa kesatuan, dan hal ini penting sebagai modal awal untuk bertechnopreneur, karena satu sama lain pasti berkaitan. Karena pada sebuah mesin tidak akan dapat terpakai jika tidak ada listrik, dan tentu pula tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya jika tidak ada sebuah program komputer yang mengendalikan.

Begitu pentingnya peran Technopreneur dalam sistem perekonomian Indonesia, seharusnya hal ini dapat menjadi motivasi besar bagi para mahasiswa politeknik, khususnya dari Jurusan Teknik Mesin, untuk bisa menciptakan sebuah karya, yang dapat dirasakan manfaatnya oleh kebanyakan orang. Namun, sayangnya kebanyakan para mahasiswa tersebut hanyalah berpikir sekedar cukup dalam hal pengoperasian sebuah mesin. Namun, tidak dapat dipungkiri juga bahwa Technopreneur memang masih sebuah hal baru bagi kebanyakan mahasiswa politeknik, sehingga perlu waktu untuk menyebarluaskan informasi tersebut, setelah itu tentunya Technopreneur akan menjadi sebuah wirausaha baru yang digandrungi, dan sekaligus sebagai ajang menunjukkan prestasi. 


Teks & foto: Nur Afni

2 comments:

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





agen tiket murah

PELUANG USAHA

Bal-an Sisa Import
Pasti Untung anti Buntung
Mau wirausaha mandiri?
Bingung cari peluang usaha yang minim resiko?
Langsung aja pesan bal-an Import LRGOLD CLOTHING, bukan hanya bal ada juga paketan yang sudah siap dijual.

°° Cocok untuk yang mau buka usaha atau untuk stok di rumah/toko/butik atau ingin membuka bazar/di pasar malam °°

> Facebook : Toko Lrgoldclothing
> Bbm 1 : 740CBD9A (FULL)
> Bbm 2 : 75A397AD
> Whats app: 0838-9989-3626
> Sms: 0838-9989-3626//0877-7653-1819
> Tlp: 0877-7653-1819

Poskan Komentar