Kamis, 24 November 2011

Maraknya Boyband dan Girlband Indonesia


Boyband maupun girlband telah menjadi trend tersendiri bagi anak muda Indonesia sekarang. Tidak tanggung-tanggung, boyband atau girlband yang muncul langsung membludak hingga menjadi suatu trend.
Boyband dan girlband yang banyak dinikmati dan digemari terutama oleh kalangan remaja ini, awalnya berasal dari Amerika dan negara-negara Asia Timur, terutama Korea dan Jepang. K-Pop alias boyband asal Korea, disukai oleh banyak remaja mulai dari personilnya yang keren, ganteng, cantik, lagu, dance, gaya rambut, sampai style fashion mereka yang unik dianggap sebagai trendsetter masa kini.
Demam K-Pop yang melanda Indonesia  menyebabkan banyak munculnya boyband dan girlband Indonesia yang dipandang beberapa pihak dan penikmat musik di Indonesia sebagai plagiat atau “tiruan” dari K-Pop. Jika dilihat dari berbagai sisi, memang harus diakui kalau boyband dan girlband Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan K-Pop. Sebenarnya, boyband dan girlband Indonesia sudah punya potensi dan bekal untuk langkah mereka dalam kancah permusikan. Hanya saja, kenapa mereka tidak usaha untuk menciptakan gaya, style, dan image mereka sendiri yang lebih disesuaikan dengan budaya Indonesia? Kenapa harus mirip atau meniru K-Pop, yang entah kenapa lagu menjadi kurang pas dan tidak wow lagi jika ditampilkan oleh boyband dan girlband di Indonesia.
 “Kreatif” adalah kata kunci yang harus mereka lakukan. Banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan oleh boyband dan girlband Indonesia dalam lagu dan aksi dance mereka agar lebih menunjukan ciri khas dan budaya bangsa kita tercinta. Misalnya saja, boyband dan girlband Indonesia mengubah style fashion mereka dengan memakai pakaian yang berbau tradisional, salah satunya celana atau rok batik. Style fashion yang seperti itu bisa menjadi trendsetter bagi remaja Indonesia lainnya.
Hal lain yang juga bisa dilakukan oleh boyband dan girlband Indonesia yaitu dari segi lagu dan aksi dance mereka. Tidak perlu serupa dengan K-Pop, tetapi justru dengan menciptakan lagu yang mungkin dikombinasi dengan lagu-lagu daerah, melakukan aksi dance juga bisa dikombinasikan dengan sedikit gerakan-gerakan tari tradisional yang dengan semua itu bisa menciptakan label “boyband dan girlband Indonesia” hanya milik Indonesia. Kualitas suara, dance, dan performance stage juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan boyband dan girlband Indonesia.
Dalam ketiga hal tersebut, K-Pop memang patut diakui sangat berkualitas. Yang harus dilakukan ialah tidak memplagiatnya, tetapi menjadikan hal tersebut sebagai teladan dan motivasi agar boyband dan girlband Indonesia juga memiliki kemampuan suara dan dance yang berkualitas, tidak hanya “modal tampang” saja.
Oleh karena itu, ayo generasi muda! kita tunjukkan bahwa kita mampu menghasilkan suatu karya yang murni, kreatif, inovatif, dan berkualitas! Kita tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu dan bisa menjadi lebih baik.



Oleh: Delia Fitri Sarah

0 comments:

Poskan Komentar