Jumat, 04 November 2011

Peluncuran Desain Mata Uang Baru

foto: Google.co.id


Mungkin di antara kita telah mengetahui bahwa terdapat uang kertas desain baru pada pecahan Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Uang-uang tersebut diluncurkan mulai tanggal 28 Oktober 2011 oleh Bank Indonesia dan resmi diedarkan mulai Senin, 31 Oktober 2011.

Pencetakan desain baru tersebut dimaksudkan agar terdapat unsur keamanan dan diharapkan tidak akan ada lagi uang palsu yang beredar di masyarakat.

Tidak banyak perubahan untuk pencetakan ketiga uang baru ini. Untuk membedakannya, perhatikan pada ketiga unsur tambahan di uang-uang itu. Terdapat unsur rainbow printing, kode tuna netra, dan penambahan desain bulat-bulat kecil.

Pada uang Rp20.000, unsur pengaman rainbow printing terdapat di sebelah kanan gambar utama. Selain itu, desain bulat-bulat kecilnya berwarna hijau dan terdapat pada sisi depan dan belakang uang. Lalu, kode tuna netra terdapat di sisi depan uang dan berbentuk persegi panjang yang berjumlah dua buah.
Pada uang Rp50.000, unsur pengaman rainbow printing terdapat pula di sebelah kanan gambar utama. Selain itu, desain bulat-bulat kecilnya berwarna oranye dan terdapat pada sisi depan dan belakang uang. Lalu, kode tuna netra terdapat di sisi depan uang dan berbentuk segitiga terbalik yang berjumlah dua buah.
Dan yang terakhir adalah pecahan 100.000. Unsur pengaman rainbow printing terdapat pula di bagian atas gambar utama. Selain itu, desain bulat-bulat kecilnya berwarna merah dan terdapat pada sisi depan dan belakang uang. Lalu, kode tuna netra terdapat di sisi depan uang dan berbentuk lingkaran yang berjumlah dua buah. Selain ketiga unsur di atas, masih ada lagi yang diubah dalam pecahan 100.000, yaitu terdapat penambahan penulisan "Dewan Perwakilan Daerah" pada gambar utama di bagian belakang uang yang semula bertuliskan  "Majelis Permusyawaratan Rakyat”.





Oleh: Deasy A

0 comments:

Poskan Komentar