Minggu, 27 November 2011

PIALA DIREKTUR PNJ 2011



Tahun ini, UKM Catur PNJ menggelar Piala Direktur PNJ 2011. Acara yang bertemakan “Kreatifitas, Strategi, dan Kemenangan” ini merupakan salah satu proker dari PCC. Biasanya UKM ini mengikuti turnamen-turnamen catur di tempat lain. Namun, kali ini UKM Catur mencoba menjadi tuan rumah. Ini merupakan amanat dari pihak direktorat PNJ kepada UKM Catur untuk mengadakan kejuaraan catur nasional mahasiswa se-Indonesia.

Pertandingan catur pada babak ke-9

Pertandingan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 25--26 November 2011. Pada hari pertama, pertandingan dilangsungkan di Ruang Aula Gedung Q PNJ dan di hari kedua diselenggarakan di Gedung Serba Guna PNJ. Dalam pertandingan, sistem yang dipakai yaitu sistem swiss. Tedapat 9 babak dan catur cepat dalam waktu singkat yaitu 25 menit. Jika ada pemain yang sudah memegang pion dan dikembalikan ke papan lagi, maka pemain dikenakan sanksi dan pengurangan waktu.

Yang membuat acara ini menarik adalah total hadiah sebesar 20 juta dan banyaknya jumlah urutan juara. Untuk putra juara 1-30, dan untuk putri juara 1-20. Dalam kategori peserta, mahasiswa yang dibolehkan daftar yaitu mahasiswa aktif se-Indonesia, maksimal 25 tahun dan gelar masih non-master. Peserta yang mengikuti lomba ini  berjumlah 114 orang yang terdiri dari 91 pria dan 23 wanita. Kemudian dalam pertandingan, wasit yang ada terdiri dari pihak PERCASI Depok.

Juara pertama putri dan putra
Pemberian piala umum kepada mahasiswa Universitas Swadaya
Gunung Jati, Cirebon

Para pemenang dalam kompetisi ini diumumkan setelah adanya penampilan akustik dari PNJ. Juara pertama, kedua, dan ketiga putra berturut-turut berasal dari UNMA Banten, STMIKA Cilegon, dan STIE Perbanas. Kemudian untuk juara pertama dan ketiga putri berasal dari Universitas Gunadarma dan juara kedua berasal dari UPI. “Pastinya senang bisa jadi juara. Meski saingannya berat, tapi dengan adanya percaya diri, pasti akan lebih mudah,” ungkap Nina Astriyani, mahasiswi UPI yang menyandang peringkat dua kategori putri. Selain juara-juara tersebut, masih ada piala umum yang diberikan kepada kampus yang putra putrinya menyandang peringkat terbanyak. Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon berhasil mendapatkan piala tersebut.

Terdapat sedikit kendala dalam acara ini, yaitu publikasi. Namun, acara tetap berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan panitia. “Semoga tahun depan, acara ini dapat diadakan lagi. Lebih bagus, lebih meriah, dan menghasilkan juara dari PNJ,” tutur Surya Fadhilah selaku PO dari PD PNJ.


Naskah&foto: deasy Amalia 

0 comments:

Poskan Komentar