Rabu, 09 November 2011

Seni Berbicara

foto: google.co.id
Berbicara termasuk seni ya? Jawabannya adalah tentu. Memang semua orang bisa berbicara (kecuali mereka yang memiliki keterbatasan dalam bertutur kata). Berbicara dikatakan sebagai seni sebab bicara yang dimaksud bukan berbicara ngelantur, ngegosip nggak karuan. Tapi seni berbicara yang sesuai adab dan berbicara di depan umum.
 Ada banyak orang yang pandai berbicara tentang gosip, ngelantur ngalor ngidul, tapi jika disuruh untuk membawakan sebuah acara, dia menyusutkan tubuhnya dengan alasan takut. Nah, disinilah letak seni berbicara yang tidak dimiliki oleh semua orang meskipun sebenarnya mereka semua bisa.
Berbicara juga menunjukkan karakter dari diri masing-masing. Dengan seni berbicara maka semua orang bisa menilai tingkat kecakapan orang yang berbicara. Berbicara tentu juga tidak hanya dalam lingkup sebagai penyaji jika presentasi, memaparkan produk alias sales, ataupun membawakan sebuah acara. Berbicara juga meliputi kecakapan bergaul, berkenalan, pembahasan topik obrolan. Dari sana juga bisa dijadikan untuk bahan belajar awal seni berbicara. Tentunya di dalam masyarakat dan dunia kerja nanti kita akan dituntut untuk pandai berbicara, yukk mari belajar bersama..^^


oleh Delia F (divisi editor)

0 comments:

Poskan Komentar