Senin, 21 November 2011

PMPO UKM ANSOS



Villa Bukit Zaitun, Puncak menjadi pilihan panitia untuk menyelenggarakan PMPO (Pelatihan Manajemen Pengajaran dan Organisasi) UKM ANSOS tahun ini. Kegiatan yang berlangsung tanggal 29-30 Oktober 2011 lalu, diikuti oleh 20 peserta yang notabene adalah pengajar baru di ANSOS.
           
 Selama kegiatan PMPO, para peserta dipadati berbagai aktivitas. Agenda pertama diisi materi mengenai cara “Memanusiakan Komunikasi Manusia”. Acara dilanjutkan dengan sekilas sejarah ANSOS yang disampaikan oleh salah satu alumni pengajar ANSOS, Lylis Endarwati. Kemudian para peserta juga dibekali materi mengenai project event dan birokrasi Gedung Q yang diikuti dengan simulasi. Dalam simulasi ini, peserta dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas membuat suatu konsep acara beserta estimasi anggarannya. Kemudian setiap kelompok mengajukan proposal kegiatan mereka ke panitia yang berperan sebagai ketua UKM, BEM, Pudir I, dan Pudir III. Simulasi ini sekaligus menutup acara pada hari pertama.

Pada dini harinya, peserta dibangunkan untuk mengikuti jurit malam. Setelah dibagi menjadi tiga kelompok, peserta berjalan melewati setiap pos dan diminta me-review materi yang telah diberikan. Selepas jurit malam, peserta diperbolehkan istirahat dan sarapan.

Menjelang akhir acara, di hari ke-2 ini peserta mempersiapkan diri untuk kegiatan outbond. Peserta yang terbagi atas empat kelompok wajib mengikuti permainan di setiap pos. Semua permainan mengandung pesan. Supaya makin seru, panitia di setiap pos juga meminta masing-masing kelompok untuk menampilkan yel-yel.

Secara keseluruhan, PMPO ANSOS kali ini terbilang sukses. Terbukti dengan bertambahnya keakraban para peserta antara yang satu dengan  lainnya. “Seru, terasa banget keakrabannya, semua materi, dan games apalagi outbond-nya. Semuanya bermanfaat! Seru!” ungkap Mutia, salah satu peserta. Sampai bertemu lagi di PMPO ANSOS tahun depan!


 Teks: Lina Wulandari
Foto: Mega Agniya (kontributor)


0 comments:

Poskan Komentar