Minggu, 20 November 2011

POLYCARE III


Polytechic Caring for Social and Environment atau yang biasa dikenal dengan sebutan Polycare kembali diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober - 4 November 2011 di Politeknik Negeri Jakarta. Kali ini Polycare dinamakan POLYCARE III karena tahun ini merupakan tahun ketiga diselenggarakannya acara tersebut. POLYCARE III berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun lalu kegiatannya hanya fotografi, mading, seminar, dan donor darah. Kali ini, acara donor darah tetap, hanya saja acara yang diubah yaitu baksti sosial, pengobatan gratis, lomba kreasi mahasiswa, tanaman hias, Dadung Q, dan Dies Natalis. 

donor darah
Pada hari pertama pelaksanaan POLYCARE III, acara dibuka dengan sambutan dari Pak Agus dan dilanjutkan oleh PO dari Polycare yaitu Hasan Albiruni yang bertempat di Gedung Serbaguna PNJ. Setelah pembukaan, dilanjuti oleh pemberian tanaman kepada tiap ketua jurusan. Kemudian berlangsunglah acara pendonoran darah yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan. Total pendonor yaitu 170 orang. Darah yang dikumpulkan nantinya akan disumbangkan ke PMI untuk diberikan ke orang-orang yang membutuhkan. Selain donor darah, ada juga acara daur ulang tempat sampah yang dimenangi oleh jurusan Teknik Mesin. Penilaian dilakukan melalui vote dari seluruh panitia.

Pengobatan gratis
Di hari kedua, seluruh panitia POLYCARE III berkunjung ke daerah Cipayung, Depok untuk mengadakan pengobatan gratis dan dilanjutkan bakti sosial. acara berlangsung dari pukul 09.30-13.30 WIB. Masyarakat yang mendapatkan sembako berjumlah 210 orang dan yang mendapatkan pengobatan gratis berjumlah 141 orang.

Kemudian menginjak hari ketiga, yaitu acara OBAMA atau Olahraga Bareng Mahasiswa. Dalam OBAMA, terdapat serangkaian lomba yaitu balap sarung, bakiak dan tarik tambang. Juara umum dari lomba-lomba tersebut mendapatkan pelakat, voucher sevel dan sertifikat.  Dalam lomba tarik tambang, juara satu diraih oleh Tim Mesin/3G. Lanjut pada lomba bakiak putra yang dimenangi oleh Tim Mesin /3G lagi dan bakiak putri oleh AK/BS 3B.Dan pada lomba balap sarung, diraih oleh AK/BS 1B.

Dialog Gedung Q yang dihadiri oleh pudir 1. pudir 2, dan pudir 3.
Sampailah pada penghujung acara pelaksanaan POLYCARE III yaitu acara Diesnatalis dan Dadung Q atau Dialog Gedung Q. Acara yang awalnya ingin diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB tapi mundur menjadi pukul 10.00 WIB. Dalam Diesnatalis, panitia menghadirkan empat alumni dari PNJ yang membawakan motivasi-motivasi bermakna. “Kiat sukses dari saya yaitu berani bermimpi, berani memulai dan berani memulai lagi ketika gagal,” ungkap Nanang, salah satu pembicara pada Diesnatalis.  Sehabis solat Jumat, dilangsungkan acara Dadung Q yang menghadirkan Pudir 1, Pudir 2, dan Pudir 3. Awalnya, panitia ingin mengundang Bapak Djoni, namun karena berhalangan hadir, beliau digantikan. Dalam Dadung Q, moderartor mengangkat isu tentang pembuatan TPS UI di lingkungan PNJ, fasilitas PNJ, dan kegiatan mahasiswa di PNJ. “Selama tidak mengganggu dan UI tidak mengambil sikap, pihak PNJ tidak akan berbuat apa-apa.” Tutur Pak Agus saat merespon pertanyaan tentang TPS UI.

Antusias mahasiswa PNJ terhadap acara Polycare kali ini bisa dibilang amat tinggi. Meskipun sponsor dari acara ini hanya dua, tetapi acara tetap berjalan dengan baik. Tetapi di luar itu semua, ada pula kendala-kendala yang ada yaitu kurangnya persiapan pada acara donor darah, pengobatan gratis dan bakti sosial. Peserta yang berpartisipasi ternyata melebihi perkiraan. Selain itu pada acara OBAMA, masih banyak peserta yang registrasi ulang saat lomba berlangsung.

“Semoga di acara Polycare tahun depan, acara ini lebih sukses dan pesertanya lebih baryak lagi.” ujar Dede, salah satu panitia dari acara POLYCARE III ini. Ia juga mengharapkan agar acara Polycare untuk kedepannya lebih diperbanyak lagi sehingga acara ini semakin sukses dan berbuahkan hasil yang manis. Sukses selalu!



Naskah: Deasy Amalia



0 comments:

Poskan Komentar