Minggu, 30 Oktober 2011

The 34th Jazz Goes to Campus

Tahun ini, Jazz Goes To Campus mengusung tema “Just The Way It Is” yang akan membawakan music jazz adanya dan kembali pada akar genre jazz itu sendiri. Kali ini artis-artisnya pun akan di-reshuffle agar penonton tidak jenuh.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, The 34th Jazz Goes To Campus juga memiliki beberapa rangkaian acara yang akan mengawali festivalnya. Pertama, akan dimulai dengan JGTC Opening & Press Conference yang diselenggarakan tanggal 28 Oktober 2011 di kampus FE UI Jumat kemarin. Setelah dibunyikan gong oleh Bapak Yossi, selaku Wakil Dekan UI, maka JGTC resmi dibuka. Lalu rangkaian acara yang mengiringi adalah JGTC Roadshow.

Pada tahun ini, JGTC Roadshow akan bekerja sama dengan teman-teman mahasiswa dari dua kota tetangga. Kota pertama adalah Bandung, yang mana panitia JGTC akan bekerja sama dengan BEM SBM ITB untuk menjalankan mini show pada tanggal 15 November 2011. Selain dari pihak SBM ITB, JGTC Roadshow Bandung juga mengajak KlabJazz Bandung, ITB Jazz, serta Hollywood Nobody untuk ikut meramaikan. Di Tahun ini, JGTC sengaja melebarkan sayap ke Pulau Sumatera, tepatnya di kota Lampung, untuk pertama kalinya yang mana JGTC juga akan bekerja sama dengan BEM UNILA dan Komunitas Jazz Lampung.

Peresmian JGTC oleh Bapak Yosi, selaku Wakil Dekan FEUI
Rangkaian acara lainnya yang cukup popular dan cukup banyak melahirkan musisi-musisi jazz baru adalah JGTC Competition yang tergabung ke dalam JGTC Exhibition bersama dengan JGTC Children Workshop. JGTC Competition sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu Qualification Round yang akan diadakan pada tanggal 12-13 November di Blitz Megaplex, Grand Indonesia. Final Round pada tanggal 26 November 2011 di Fountain Area, Grand Indonesia. Selain penampilan dari peserta JGTC Competition, JGTC turut dimeriahkan oleh penampilan oleh Aditya Sofyan, Andre Harihandoyo and Sonic People, Soul Magnolia, Bard Shuffle, dan masih banyak lagi. Masih merupakan bagian dari JGTC Exhibition, pada tahun ini akan diadakan kembali JGTC Children Workshop yang bertujuan untuk menularkan serta mengenalkan music jazz kepada anak-anak khususnya mereka yang sangat kecil kesempatannya untuk mempelajari jazz karena factor finansial.JGTC pun memilih untuk mengajak anak-anak dari komunitas yang bernama Masjid Terminal. JGTC Children Workshop tahun ini pun dikemas sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana peserta akan menggunakan perkusi dan barang-barang bekas yang akan “diracik” oleh musisi jazz senior yaitu Idang Rasyidi. Video dokumentasi tersebut nantinya akan ditampilkan pada festival The 34th Jazz Goes To Campus. Di dalam rangkaian acara, JGTC juga akan memberikan free jazz clinic bagi para partisipan JGTC Competition yang akan diisi oleh musisi-musisi jazz ternama, seperti Oele Pattiselano, Donny Joesran, Kristian Dharma, dan Dimas Pradipta.

Perjalanan panjang dari rangkaian JGTC pun akan diakhiri dengan manis pada tanggal 4 Desember 2011. Penonton akan disuguhi dengan megah dan gempitanya The 34th Jazz Goes To Campus Festival. Musisi yang akan hadir sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini panitia akan mengundang langsung musisi dari luar negeri, yaitu Nouvelle Vague dari Paris. Musisi lain yang akan tampil yaitu Glenn Fredly, LLW feat Dira Sugandi, Idang Rasyidi Sndicate, Jazz The Way It Is Project, Parkdrive, Barry Likumahua Project, Gugun and The Blues Shelter, Andre Harihandoyo and the Sonic People, Kuno-Kini feat Miranti, Sketsa dan masih banyak lagi musisi yang nantinya akan meramaikan acara tersebut. Konsep festival pada tahun ini yaitu akan ada tiga show area dengan waktu penampilan yang tidak sepenuhnya simultan, yang memungkinkan para pengunjung menikmati seluruh nuansa serta ambience musik jazz yang berbeda-beda dari ketiga show tersebut. Dalam The 34th Jazz Goes To Campus Festival, penonton juga akan disuguhi dengan bazaar dan video art yang menarik, serta dekorasi yang artistic untuk menambah semarak aura festival.

“Saya salut dengan adanya JGTC, karena yang mengatur amatiran semua dan hasil yang dicapai sangat professional. Saya berharap JGTC bisa masuk ke dalam peta jazz dunia.”  Tutur Beni Likumahoa selaku musisi jazz kawakan saat press conference Jazz Goes To Campus kemarin

Semoga perjalanan panjang Jazz Goes To Campus selama ini dapat memberikan kontribusi berarti atas perkembangan dunia jazz di Indonesia. Dan semoga seluruh rangkaian acara berjalan lancar tanpa kendala. Good Luck!



Disusun Oleh: Deasy Amalia

0 comments:

Poskan Komentar