Sabtu, 29 Oktober 2011

Workshop Ilustrasi "Drawing Through References"

foto: dokumen pribadi

"Ilustrasi itu mudah, tetapi yang sulit itu adalah pembentukan mental yang dibutuhkan saat kita membuat ilustrasi,"tutur seorang ilustrator yang menjadi pembicara dalam Workshop Ilustrasi "Drawing Through References", Kamis (27/10) di Aula Teknik Grafika dan Penerbitan. 

Acara ini diselenggarakan untuk menambah wawasan dan ilmu kepada mahasiswa prodi desain grafis dalam pembuatan sebuah ilustrasi. Pengisi acara tersebut merupakan seorang senior dari Instructor Carrot Academy bernama Toni Hariyanto. Ia meyandang banyak prestasi. Ia merupakan salah satu dari sembilan besar karikatur tokoh besar dunia. Ia juga sempat memperoleh penghargaan dari deviantART dua kali atas karyanya yang bertemakan tradisional art.

Dalam acara workshop tersebut, Pak Toni memberikan materi dan menyebarkan gambar zombie yang nantinya akan digambar bersama-sama dengan seluruh mahasiswa desain grafis. “Begitu banyak orang bermimpi tanpa melakukan tindakan,”kata Pak Toni saat memberikan materi. Pak Toni juga mengatakan bahwa seluruh mahasiswa desain grafis tersebut melakukan hal yang benar karena berani terjun langsung di dunia ilustrasi.

Setelah memberi materi, Pak Toni memerintahkan seluruh peserta workshop untuk menggambar zombie. Selama peserta menggambar, ditampilkan pula keterampilan Pak Toni menggambar di layar. Tekniknya lebih hebat dan lebih cepat. Pak Toni juga memberikan penilaian terhadap gambar yang dibuat oleh mahasiswa desain grafis. Ia mengatakan, 99% seluruh peserta sudah memiliki basic dalam menggambar.




Oleh: Deasy Amalia
Sumber: Chaisa Chairunnisa

0 comments:

Poskan Komentar