Senin, 31 Oktober 2011

National Congress AIPEC

Foto: dokumen PEC PNJ
DEPOK – Minggu (30/10/2011), National Congress of Association of Indonesia Polytechnic English Club telah selesai dilaksanakan. Hasil dari kongres nasional tersebut adalah resmi dibentuk sebuah asosiasi ukm bahasa Inggris politeknik se-Indonesia yang diberi nama Association of Indonesia Polytechnic English Club (AIPEC). Proses pembentukan asosiasi tersebut tidaklah mudah, perwakilan dari politeknik se-Indonesia berkumpul di PNJ untuk melaksanakan sidang-sidang pembentukan AIPEC. Kongres nasional ini dilaksanakan selama empat hari, mulai Kamis, 27 Oktober hingga 30 Oktober 2011 dimana Politeknik Negeri Jakarta menjadi tuan rumah pertama yang memfasilitasi kongres ini. Kongres ini dihadiri lebih dari 20 Politeknik yang ada di Indonesia. Hari pertama, kongres ini dibuka dengan penampilan tari Rampak Gendang dari SMAN 1 Depok. Lalu dilanjutkan dengan sidang pleno pertama yang membahas tentang penetapan presidium sidang dan pembuatan jadwal sidang selama kongres.

Di hari berikutnya peserta sidang dibagi menjadi dua komisi, yaitu komisi A dan komisi B. Komisi A bertugas untuk merencanakan bentuk Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Association of Indonesia Polytechnic English Club, sedangkan Komisi B merencanakan Program Kerja (Proker) AIPEC untuk masa jabatan satu tahun ke depan. Masing-masing komisi tersebut akan mempresentasikan rancangan hasil sidang masing-masing komisi di sidang pleno kedua yang akan dilaksanakan Sabtu, 29 Oktober 2011.

foto: dokumen PEC PNJ
Sabtu (29/10) adalah hari terakhir bagi para peserta Kongres Nasional AIPEC untuk bersidang. Pada hari tersebut, masing-masing komisi mempresentasikan hasil sidang komisi mereka. Yang selanjutnya akan disahkan forum dalam sidang pleno kedua. Setelah itu dilanjutkan dengan pemilihan Sekretaris Jenderal AIPEC yang pertama. Pada sidang selanjutnya Perwakilan Politeknik Negeri Jakarta, Denny Perdana Wirawan terpilih menjadi Sekretaris Jenderal AIPEC pertama. “Selamat kepada saudara Denny sebagai Sekjen AIPEC terpilih. Saya turut bangga terhadap PNJ, karena salah satu perwakilan kita dipercaya lagi untuk menjadi ketua salah satu organisasi nasional, setelah saudara Zul juga terpilih sebagai ketua FKMPI dan perwakilan kita yang lain juga terpilih menjadi ketua BAKORMA”, ujar Pak Agus, selaku Pudir III PNJ.

Pada malam harinya, para peserta sidang disuguhkan acara hiburan yang bertemakan Culture Night. Pada malam inilah dideklarasikan AIPEC sebagai asosiasi UKM Bahasa Inggris yang resmi dan tanggal 29 Oktober 2011 tersebut dijadikan sebagai hari jadi AIPEC. Dalam acara tersebut ditampilkan film dokumenter AIPEC, yang isinya mengenai suasana selama kongres AIPEC berlangsung. Selain itu acara ini juga diisi oleh penampilan dari Pankreas Band dan Magic Show oleh Aulia Rahman. Di akhir acara ditutup dengan firework party. “Saya sangat senang berada di sini, panitia terutama LO AIPEC sangat ramah sehingga saya bisa enjoy berada disini. Selain itu saya juga bisa akrab dengan delegasi dari politeknik di sini, saya merasakan sekali kekeluargaannya”, ujar salah satu peserta saat sesi penyampaian pesan dan kesan. Di hari terakhir (30/10), sebelum para delegasi kembali ke politekniknya masing-masing, panitia mengadakan acara terakhir yaitu City Tour. Dari sidang AIPEC ini, diharapkan para perwakilan Politeknik bisa memajukan UKM Bahasa Inggris di kampusnya masing-masing.


 Oleh: Fadin D.


0 comments:

Poskan Komentar