Selasa, 11 Oktober 2011

"THE METAMORPHOSELF"

Kebutuhan Mahasiswa PNJ akan informasi semakin meningkat seiring dengan cepatnya arus informasi di lingkungan kampus PNJ. Hal ini harus diimbangi dengan pemberitaan informasi yang cepat dan meluas. Oleh karena itu, membutuhkan sebuah media berupa majalah kampus yang mampu menjangkau semua elemen mahasiswanya. Di sinilah GEMA sangat dibutuhkan. 

   GEMA merupakan salah satu Badan Otonom (BO) mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang bergelut dalam bidang penyampaian informasi kemahasiswaan. GEMA yang diterbitkan  secara periodik ini disajikan sebagai majalah kampus yang independen, jujur, kritis, dan akurat. GEMA adalah jawaban atas segala pertanyaan yang hadir di dalam hati setiap mahasiswa yang haus akan informasi. 

      Awalnya GEMA bernama KOMPEN, yaitu majalah yang diterbitkan oleh jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan yang berdiri tahun 1990-an, tapi sejak awal tahun 2000-an berganti nama menjadi GEMA dan pindah ke Gedung Pusgiwa PNJ sebagai sekertariat redaksi GEMA, hingga sekarang. 
      Proses terbitnya majalah GEMA yang banyak mengalami beberapa kendala, membuat siklus terbit majalah kampus ini seringkali menjadi terhambat. Maka, atas kebijakan redaksi dan demi memenuhi kebutuhan informasi para pembacanya, GEMA juga hadir dalam bentuk social-media. Kali ini GEMA memiliki konsep penyajian serta sistem manajemen yang baru. Tidak hanya dalam bentuk cetak, kini GEMA juga menyajikan informasi di blog, twitter, facebook, dan media sosial lainnya untuk menjalankan kewajiban GEMA sebagai penyaji informasi yang intens. GEMA dalam konsep social-media ini diharapkan dapat juga menjadi media yang tepat untuk menyalurkan bermacam aspirasi dan menjadi lahan para mahasiswa untuk berkontribusi secara serius, begitu juga dengan GEMA cetak. Ini adalah pembaharuan dan bagian dari metamorfosis GEMA dari proses penyajian informasi yang sesuai dengan harapan seluruh mahasiwa PNJ.  

oleh: Redaksi

 

0 comments:

Poskan Komentar